Kamis, 27 September 2012

Cerita Pemasaran (Awal)

Pemasaran sebenarnya kunci keberhasilan sebuah perusahaan. ketika perusahaan berhasilkan menghasilkan produk baik itu barang ataupun jasa, pastilah keinginan pertama untuk sampai pada konsumen. pemasaran bergerak di dalamnya.

cuma bukan ini yang akan saya jelaskan. Tetapi mengenai tingkat efisiensi dari suatu perusahaan.
Mengulas materi perkuliahan dengan Ibu Ratna bahwa efisiensi terjadi tidak hanya ditentukan dari seberapa besar kecil margin pasar, seberapa panjang ataupun pendek saluran pemasaran, dan seberapa besar atau kecilnya farmer share. melainkan, ada juga indikator lain yaitu seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan produk, volume produk yang dibawa, dan berapa pengaruh dari produk yang dihasilkan untuk dapat memuaskan konsumen. Jadi, harus dilihat dulu fungsi - fungsi pemasarannya seperti fungsi fasilitasi, fungsi produk ataupun fungsi fisik.

Pernah dengar istilah Supply Change Management yang ternyata dapat membantu banyak hal untuk petani kita saat ini. supply change management itu merupakan rantai pasok dari pasar input sampai konsumen akhir.  ini bisa membantu petani loh, petani yang menggunakan SCM ini, bisa mengkoordinasikan barang - barang input apa saja yang ia perlukan, kemudian cara membudidayanya, dan pengolahan sampai pada tahap pemasaran sehingga produk yang dihasilkan dapat sampai ke tangan konsumen akhir.
petani disini, layaknya sebagai pengusaha lengkap yang mampu mengkoordinasikan dari hulu sampai hilir.


Tidak ada komentar: